Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN BULETIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN BULETIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
 
Creator Cicik Setyawati, Harto Nuroso, Wawan Kurniawan,
 
Subject model pembelajaran discovery, buletin fisika, berpikir logis
 
Description Telah dilakukan penelitian quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery berbantuan buletin terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Cepu. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelas control dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir logis. Berdasarkan analisis uji t diketahui nilai thitung sebesar 6,267 dan ttabel sebesar 1,667. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis nol ditolak, sehingga diketahui bahwa model pembelajaran discovery berbantuan buletin berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Dari analisis keempat indikator kemampuan berpikir logis, diketahui bahwa pengaruh paling tinggi model pembelajaran discovery berbantuan buletin terdapat pada indikator ke-empat yaitu silogisme, sedangkan pengaruh paling rendah terdapat pada indikator ke-3 yaitu kondisional.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-11-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1060
10.21580/phen.2016.6.2.1060
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan MIPA; 42-49
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1060/883
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0