Record Details

Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013
 
Creator Raditya, Aji
Iskandar, Ratu Sarah Fauziah
 
Subject Analisis Soal, Analisis Buku Ajar Matematika, Persamaan Linear Satu Variabel
 
Description Buku Ajar matematika memainkan peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar-mengajar matematika di sekolah dan soal-soal yang terdapat pada buku ajar biasanya digunakan oleh para siswa untuk latihan secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis jenis soal pada buku ajar matematika yang digunakan dari tahun 1994 hingga 2017 di Indonesia, khususnya pada materi persamaan linear satu variabel. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode analisis enam dimensi, yang terdiri dari: aktivitas matematis, tingkat kesulitan soal, jenis jawaban yang diharapkan, situasi kontekstual, jenis respon dan jenis pertanyaan matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis dan mendeskripsikan jenis soal pada buku ajar matematika yang digunakan dari tahun 1994 hingga 2017. Hasil dari penelitian ini adalah soal pada buku ajar matematika untuk materi PSLV tidak memilik jenis yang beragam. Jenis soal pada buku ajar masih banyak berupa soal yang menghitung atau menggunakan berbagai operasi hitung, menerapkan langsung pengetahuan atau keterampilan dasar serta tanpa konteks dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, soal yang ada juga merupakan soal dengan jenis jawaban tertutup, soal yang hanya membutuhkan jawaban tanpa alasan serta soal dengan prosedur tunggal.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4066
10.21580/phen.2019.9.2.4066
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 232-245
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4066/2652
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0