Record Details

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ZAT MELALUI PROBEX

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ZAT MELALUI PROBEX
 
Creator jaryanto, j
 
Subject Metode Probex, Pembelajaran IPA, Konsep Perubahan Zat
 
Description Pembelajaran secara konvensional materi perubahan zat belum menghasilkan prestasi belajar maksimal, karena itu diperlukan inovasi pembelajaran dengan  Predict-Observe-Explain (Probex). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap konsep Perubahan Zat  melalaui (Probex). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pringapus tahun pelajaran 2013/2014.  Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penilaian sikap ilmiah kategori baik (3%), keterampilan proses kategori baik (5%), keaktifan mengerjakan LKS 15%, prestasi belajar 13%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui Probex dapat meningkatkan aktivitas pemahaman konsep materi  Perubahan Zat. Disarankan untuk diadakan penelitian lanjutan pembelajaran dengan Probex untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/91
10.21580/phen.2015.5.1.91
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan MIPA; 55-64
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/91/60
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0