Record Details

PENERAPAN LITERASI LINTAS KURIKULUM MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI MIT NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG TAHUN 2016

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN LITERASI LINTAS KURIKULUM MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI MIT NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG TAHUN 2016
 
Creator Purwanti, Kristi Liani
 
Subject Literasi lintas kurikulum Matematika; kelas tinggi; MIT Nurul Islam
 
Description Pembelajaran di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah merupakan pembelajaran yang sangat penting, sebab sebagai dasar dari pembelajaran seterusnya sampai jenjang perguruan tinggi. Pembelajaran yang diajarkan tidak boleh asal-asalan. Pembelajaran aktif  kreatif efektif dan menyenangkan merupakan pembelajaran harus diterapkan. Salah satu ketrampilan yang ada dalam kurikulum 2013 yaitu kketrampilan literasi. Literasi merupakan  keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses belajarnya. Sebagai alat komunikasi dan alat belajar (means of communications dan learning tools), literasi perlu dikembangkan secara konsisten agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam proses belajarnya. Penelitian dilakukan di kelas 4 dan 5 MIT Nurul Islam. Penerapan literasi lintas kurikulum matematika dalam pembelajaran kelas 4 hanya pada materi tertentu, misalnya mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang. Penerapan literasi lintas kurikulum matematika dalam pembelajaran kelas 5 hanya pada materi tertentu, misalnya mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, pengukuran skala.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2017-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1497
10.21580/phen.2017.7.1.1497
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 79-87
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1497/1110
 
Rights Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0