Record Details

Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar
 
Creator Diraya, Inayatun
Budiyono, Agus
Triastutik, Milisa
 
Subject PhET, Hukum hooke, Fisika dasar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kontribusi Virtual lab PhET pada materi hukum hooke. Penelitian ini menggunakan metode Pra exsperimental dengan desain One shot case study. Penelitian dilakukan terhadap 29 mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan biologi Universitas Islam Madura yang sedang mengampu mata kuliah fisika dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket respon dengan teknik analisis data menggunakan analisis dekripstif kuantitatif dengan bantuan pengumpulan data memakai skala likert. Hasil analisis data diperoleh dengn rata-rata 75% dapat dikategorikan kuat. Virtual lab PhET mampu menampilkan permainan edukatif membuat mahasiswa antusias belajar yang terdapat tools yang dapat mendukung media interaktif
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7367
10.21580/phen.2021.11.1.7367
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 45-56
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7367/3732
 
Rights Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0