Record Details

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KOMPETENSI KINEMATIKA GERAK LURUS MELALUI PEMBELAJARAN INTERPRETATIF BERBASIS ICT DI MAN KENDAL

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KOMPETENSI KINEMATIKA GERAK LURUS MELALUI PEMBELAJARAN INTERPRETATIF BERBASIS ICT DI MAN KENDAL
 
Creator p, purwanto
 
Subject Pembelajaran Interpretatif, ICT; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
 
Description Masaalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil bela- jar fisika di MAN Kendal akan dipecahkan dengan meng- gunakan pendekatan pembelajaran interpretatif, yaitu diawali dengan pembelajaran klasikal yang berbasis ICT untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, sedangkan akti- vitas siswa dibangkitkan melalui kegiatan interaksi diskusi belajar kelompok.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pening- katan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran  interpretatif yang berbasis ICT pada materi pembelajaran kinematika gerak lurus. (2) mengetahui pen- ingkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran  interpretatif yang berbasis ICT pada materi pembelajaran kinematika gerak lurus mata pelajaran Fisika kelas X di MAN Kendal.Subyek penelitian adalah siswa MAN Kendal kelas XB sejumlah 40 siswa pada Tahun pelajaran 2010/2011. Prose- dur penelitian meliputi 3 tahap, yaitu: tahap persiapan (mendesain pembelajaran), tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Pelaksanaan Siklus I dan II, meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan (kegiatan guru dan siswa), observasi dan reflleksi.Pembelajaran interpretatif yang berbasis ICT dan in- teraksi diskusi kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu dari sebelum tindakan sebesar 16 siswa (40 %) yang tuntas belajar (yang memperoleh nilai di atas KKM = 65,0)  pada Siklus I men- jadi 26 siswa (65 %), dan pada Siklus II meningkat menjadi 32 siswa atau 80 %.Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa dalam ke- lompoknya serta hasil belajar siswa dalam pemberian tin- dakan dengan menggunakan pembelajaran interpretatif berbasis ICT diperoleh peningkatan baik aktivitas siswa dalam kelompok maupun hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interpretatif berb- asis ICT mampu meningkatkan aktivitas maupun hasil be- lajar siswa pada kompetensi kinematika gerak lurus mata pelajaran Fisika kelas X di MAN Kendal.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-03-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/438
10.21580/phen.2011.1.2.438
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan MIPA; 87-115
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/438/401
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0