Record Details

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES
 
Creator saminanto, saminanto
 
Subject pemahaman konsep; multipel intelegensi
 
Description Kemampuan pemahaman konsep matematis selama ini masih ditinjau dari kemampuan berfikir secara keseluruhan. Setiap orang memiliki kemampuan berfikir ditinjau dari multiple intelligences. Artikel ini akan menunjukan pemetaan kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan multiple intelligences sesuai teori Gardner. Metode kualitatif deskriptif digunakan guna mengambil subjek para siswa kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Kendal. Data diperoleh menggunakan teknik tes dan wawancara. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Tipe Multiple Intelligences logis matematis lebih unggul dibanding Tipe Multiple Intelligences lain. Hal ini disebabkan karena karakteristik Tipe Multiple Intelligences logis matematis mendukung kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tipe Multiple Intelligences visual-spasial, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah karena karakteristik yang dimiliki ketiga Tipe Multiple Intelligences ini tidak mendukung kemampuannya dalam memecahkan masalah yang membutuhkan pemahaman konsep matematis.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-12-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/6867
10.21580/phen.2020.10.2.6867
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA; 204-219
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/6867/3017
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0