PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|
Creator |
Agus Sudarmanto, Rumiyanto
|
|
Subject |
peer learning, syndicate group, listrik statis
|
|
Description |
Berdasarkan nilai ulangan harian KD sistem reproduksi dengan KKM yang ditentukan oleh guru mata pelajaran sebesar 70, hasilnya kelas IX A prosentase siswa yang nilainya tuntas adalah 79,3 %, dan nilai belum tuntas 20,7 %, sedangkan kelas IX B prosentase siswa yang nilainya tuntas hanya 40,7 %, dan nilai belum tuntas adalah 59,3 %. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Pada silkus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 72,59 %, dan hasil belajar mencapai 78,52 %. Pada siklus II keaktifan siswa secara klasikal 77,78 %, dan hasil belajar mencapai 83,52 %. Penerapan Peer Learning model Syndicate Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-11-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1063
10.21580/phen.2016.6.2.1063 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan MIPA; 71-84
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1063/886
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|