Record Details

Hubungan Kepercayaan Diri dan Adversity Quotient dengan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Materi Gerak dan Gaya

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Kepercayaan Diri dan Adversity Quotient dengan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Materi Gerak dan Gaya
 
Creator Priyambodo, Mugi
Probosari, Riezky Maya
Indriyanti, Nurma Yunita
 
Subject kepercayaan diri; adversity quotient; keterampilan berpikir kreatif; pendidikan IPA
 
Description Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting dimiliki oleh siswa. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif antara lain kepercayaan diri dan adversity quotient. Tujuan penelitian ini adalah untuk :(1) Mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dan keterampilan berpikir kreatif, (2) Mengetahui adanya hubungan antara adversity quotient dan keterampilan berpikir kreatif, (3) Mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dan adversity quotient secara bersama-sama dengan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII dari salah satu SMP swasta berakreditasi A di Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu materi gerak dan gaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data diperoleh dengan tes dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dan uji korelasi berganda (Sugiyono, 2007). Hasil penelitian menunjukan : (1) Kepercayaan diri berhubungan positif dengan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai korelasi sebesar 0,410, (2) Adversity quotient berhubungan positif dengan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai korelasi sebesar 0,678, (3) Kepercayaan diri dan adversity quotient berhubungan positif secara bersama-sama dengan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai korelasi sebesar 0,700.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/9544
10.21580/phen.2021.11.2.9544
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 231-244
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/9544/3746
 
Rights Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0