Record Details

STRATEGI PENGEMBANGAN SCIENCE GENERIC SKILLS (SGS) CALON GURU FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENGEMBANGAN SCIENCE GENERIC SKILLS (SGS) CALON GURU FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM
 
Creator fadllan, andi
 
Subject Science Generic Skills (SGS), Group Investigation
 
Description Beberapa hasil penelitian menunjukkan masih renda- hnya keterampilan generik lulusan perguruan tinggi, sep- erti keterampilan berkomunikasi, bekerjasama, motivasi, inisiatif, kreativitas, dan kemampuan berpikir logis, siste- matis dan komprehensif. Kondisi ini ternyata juga terjadi di LPTK yang notabene sebagai produsen guru.Dalam tulisan ini akan dipaparkan bagaimana strategi pengembangan Science Generic Skills mahasiswa melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah praktikum.Sebagai sebuah model pembelajaran kooperatif, pener- apan Group Investigation pada mata kuliah praktikum dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan Keterampilan Generik Sains calon guru. Adapun strategi penerapannya dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa sejak per- encanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi praktikum me- lalui tahap-tahap dalam model Group Investigation, yang meliputi:  1)  mengidentifikasi topik  dan  membagi  siswa ke dalam kelompok, 2) merencanakan tugas, 3) membuat penyelidikan, 4) mempersiapkan tugas akhir (analisis dan sintesis), 5) mempresentasikan tugas akhir, dan 6) evaluasi.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-03-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/443
10.21580/phen.2011.1.1.443
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 1, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan MIPA; 31-44
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/443/405
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0