Record Details

ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU
 
Creator Agustina, Erlita
 
Subject pendidikan; fisika
 
Description Pendidikan Profesi Guru (PPG) memberikan penilaian terhadap RPP yang dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu komponen dalam pengujian kompetensi guru. Hasil RPP yang baik akan membantu guru dalam mengarahkan proses pembelajaran di kelas.RPP merupakan salah satu komponen penunjang dalam penilaian di Pendidikan Profesi Guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis dari RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa PPG Pendidikan Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPG Pendidikan Fisika telah dapat menyusun RPP dengan baik sesuai dengan aspek penilaian. Namun, terdapat beberapa kesalahan dalam penyusunannya. Kesalahan tersebut yaitu (1) indikator pembelajaran belum sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, dan tujuan pembelajaran belum seluruhnya memuat ABCD (Audience, Behavior, Condition, and Degree) atau CABD (Condition, Audience, Behavior, and Degree), (2) instumen evaluasi yang digunakan belum sesuai karena tidak terdapat instrumen untuk rencana kegiatan pengayaan bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih dan rencana kegiatan remedial bagi siswa yang memiliki kemampuan kurang.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-12-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4938
10.21580/phen.2020.10.2.4938
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA; 142-150
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4938/3012
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0