Record Details

LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP/MTs

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP/MTs
 
Creator arfinanti, nurul
 
Subject Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Pendidikan Matema- tika Realistik, Himpunan
 
Description Penelitian   ini   merupakan   penelitian   pengembangan.   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi himpunan un- tuk siswa SMP/MTs.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengemban- gan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan lang- kah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan dengan lima langkah yaitu melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.Hasil penelitian adalah   Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan PMR dengan kualitas keseluruhan sangat baik dengan nilai 70 (90, 35%). LKS juga sangat efektif digunakan untuk pembelajaran matematika SMP/ MTs. Hal ini berdasarkan ketuntasan siswa secara klasikal dengan persen- tase 82,86%. Selain itu, respon siswa juga positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS pendekatan PMR.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-02-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/108
10.21580/phen.2014.4.1.108
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan MIPA; 5-17
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/108/95
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0