Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA
|
|
Creator |
Sugiharto, Bowo
Azizzah, Haifa Arafa, Maretania Prima, Nira Luthfiana Alifah, Nurul |
|
Subject |
berpikir kritis, perempuan, laki-laki
|
|
Description |
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI SMAN 5 Surakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasi experiment, yaitu non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berpikir kritis kepada siswa kelas XI SMAN 5 Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan dari kelas XI MIPA 1, 2, dan 3 SMAN 5 Surakarta. Penilaian menggunakan rubrik penilaian yang dikembangkan oleh Zubaidah, Aloysius, Mistianah (2015). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independence t-test. Analisis data menunjukkan hasil yang signifikan yang berarti terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4921
10.21580/phen.2021.11.2.4921 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 157-168
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4921/3740
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|