Record Details

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA
 
Creator Sugiharto, Bowo
Azizzah, Haifa
Arafa, Maretania
Prima, Nira Luthfiana
Alifah, Nurul
 
Subject berpikir kritis, perempuan, laki-laki
 
Description Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI SMAN 5 Surakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasi experiment, yaitu non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berpikir kritis kepada siswa kelas XI SMAN 5 Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan dari kelas XI MIPA 1, 2, dan 3 SMAN 5 Surakarta. Penilaian menggunakan rubrik penilaian yang dikembangkan oleh Zubaidah, Aloysius, Mistianah (2015).  Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji  independence t-test. Analisis data menunjukkan hasil yang signifikan yang berarti terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4921
10.21580/phen.2021.11.2.4921
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 157-168
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4921/3740
 
Rights Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0