Record Details

KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
 
Creator Sari, Hanifah Kartika
Harjono, Harjono
Sumarni, Woro
Nuswowati, Murbangun
 
Subject hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, model Predict-Observe-Explain, virtual laboratory
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi media virtual laboratory dalam model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi titrasi asam-basa. Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 12 Semarang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model POE dan pemanfaatan virtual laboratory disertai demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model POE disertai demonstrasi. Kedua kelas kemudian melakukan praktikum riil di laboratorium Kimia. Pengamatan dan analisis dilakukan pada hasil belajar yang terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) dari kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran POE berbantuan virtual laboratory. Kontribusi virtual laboratory terhadap hasil belajar sebesar 16,99%, sedangkan kontribusi virtual laboratory terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 12,66%.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3994
10.21580/phen.2019.9.2.3994
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 190-205
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3994/2650
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/downloadSuppFile/3994/462
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/downloadSuppFile/3994/922
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0