KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
|
|
Creator |
Sari, Hanifah Kartika
Harjono, Harjono Sumarni, Woro Nuswowati, Murbangun |
|
Subject |
hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, model Predict-Observe-Explain, virtual laboratory
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi media virtual laboratory dalam model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi titrasi asam-basa. Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 12 Semarang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model POE dan pemanfaatan virtual laboratory disertai demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model POE disertai demonstrasi. Kedua kelas kemudian melakukan praktikum riil di laboratorium Kimia. Pengamatan dan analisis dilakukan pada hasil belajar yang terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) dari kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran POE berbantuan virtual laboratory. Kontribusi virtual laboratory terhadap hasil belajar sebesar 16,99%, sedangkan kontribusi virtual laboratory terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 12,66%.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3994
10.21580/phen.2019.9.2.3994 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 190-205
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3994/2650
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/downloadSuppFile/3994/462 https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/downloadSuppFile/3994/922 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|