EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEORI KINETIK GAS
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEORI KINETIK GAS
|
|
Creator |
Nurjanah, Joko Budi Purnomo, Siti
|
|
Subject |
hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif TTW&TSTS.
|
|
Description |
Studi dan penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar siswa SMA Futuhiyyah Mranggen Demak terhadap materi teori kinetik gas. Penelitian eksperimen dilaksankan menggunakan posttest only control group design, sedangkan populasinya seluruh siswa jurusan IPA kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak dari populasi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis uji gain memberikan hasil peningkatan 0,170 untuk siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray dan -0,206 untuk siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray efektif meningkatkan hasil belajar siswa materi teori kinetik gas.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-02-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/83
10.21580/phen.2015.5.2.83 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan MIPA; 87-94
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/83/53
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|