Record Details

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor
 
Creator Sugianto, A. D. Paramita A. Rusilowati
 
Subject suhu dan kalor, bahan ajar, sains literasi
 
Description Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis literasi sains materi suhu dan kalor.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan subjek ujicoba siswa kelas X SMA 1 Bae Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Uji kelayakan dan keterbacaan menggunakan angket dan tes rumpang sedangkan uji keefektifan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design.Produk akhir penelitian ini berupa bahan ajar yang memiliki muatan literasi sains dengan perbadingan 2:1:1:1.  Hasil analisis kelayakan dan keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat layak dan mudah dipahami dengan persentase keterbacaan 74,11%.Uji gain menunjukkankemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 0,63 sedangkan kelas kontrol 0,38. Hasil tersebut menunjukkanbahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains antara siswa yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2017-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1495
10.21580/phen.2017.7.1.1495
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 58-67
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1495/1108
 
Rights Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0