Record Details

Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES
 
Creator Uningal, Rayi
 
Subject saintek, walisongo, phenomenon, pendidikan, biology education
 
Description Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterlaksanaan praktek mengajar terkait CK dan TPK pada calon guru Biologi UNNES serta mengetahui faktor penghambat kemampuan CK dan TPK sebagai bagian dari kemampuan TPACK pada calon guru Biologi UNNES. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket Content Representation oleh Loughran et al. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa calon guru biologi UNNES angkatan 2016 banyak memilih materi pada kelas X dan kelas XI karena menganggap merupakan materi yang masih awal, materi dasar dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu besar. Calon guru biologi UNNES lebih menekankan pada penguasaan fakta dan konsep biologi serta kurang terlatih merencanakan pembelajaran biologi yang sesuai dengan hakekat sains. Media pembelajaran yang digunakan berupa media PPT serta melakukan penayangan video dan gambar. Akan tetapi, pemanfaat internet sebagai media belajar oleh calon guru biologi UNNES hanya sebesar 23,50%. Calon guru biologi UNNES belum banyak memiliki pengalaman mengajar, sehingga merasa kurang percaya diri mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu calon guru biologi UNNES belum terbiasa untuk menggunakan Kata Kerja Operasional dalam pembuatan tujuan pembelajaran sehingga kurang mampu mengkomunikasikan tuntutan pembelajaran yang sesuai dengan hakekat sains dan kurangnya pengalaman dalam mengajar menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam mengintegrasikan teknologi.Kata kunci: TPACK, CK, TPK
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-12-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4176
10.21580/phen.2020.10.2.4176
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA; 132-141
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4176/3011
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0