Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES
|
|
Creator |
Uningal, Rayi
|
|
Subject |
saintek, walisongo, phenomenon, pendidikan, biology education
|
|
Description |
Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterlaksanaan praktek mengajar terkait CK dan TPK pada calon guru Biologi UNNES serta mengetahui faktor penghambat kemampuan CK dan TPK sebagai bagian dari kemampuan TPACK pada calon guru Biologi UNNES. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket Content Representation oleh Loughran et al. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa calon guru biologi UNNES angkatan 2016 banyak memilih materi pada kelas X dan kelas XI karena menganggap merupakan materi yang masih awal, materi dasar dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu besar. Calon guru biologi UNNES lebih menekankan pada penguasaan fakta dan konsep biologi serta kurang terlatih merencanakan pembelajaran biologi yang sesuai dengan hakekat sains. Media pembelajaran yang digunakan berupa media PPT serta melakukan penayangan video dan gambar. Akan tetapi, pemanfaat internet sebagai media belajar oleh calon guru biologi UNNES hanya sebesar 23,50%. Calon guru biologi UNNES belum banyak memiliki pengalaman mengajar, sehingga merasa kurang percaya diri mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu calon guru biologi UNNES belum terbiasa untuk menggunakan Kata Kerja Operasional dalam pembuatan tujuan pembelajaran sehingga kurang mampu mengkomunikasikan tuntutan pembelajaran yang sesuai dengan hakekat sains dan kurangnya pengalaman dalam mengajar menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam mengintegrasikan teknologi.Kata kunci: TPACK, CK, TPK
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4176
10.21580/phen.2020.10.2.4176 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA; 132-141
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4176/3011
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|