Record Details

Pemodelan matematika Masalah Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan bagi Siswa SMP

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemodelan matematika Masalah Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan bagi Siswa SMP
 
Creator Gunardi, Egidius
Malo, Maria Wilda
C. Situmorang, Elisa Maria
 
Subject Pemodelan Matematika; discovery learning; pelestarian lingkungan
 
Description Pemodelan matematika masalah lingkungan adalah salah satu sarana dalamupaya mematematikakan realita serta untuk menyadarkan siswa akanpentingnya pelestarian lingkungan hidup.Tujuan penelitiaan ini adalahmeningkatkan kemampuan siswa dalam memodelkan matematika dankesadaran terhadap pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan padasiswa SMP Santo Aloysius Turi kelas VII. Jenis penelitian yang digunakanadalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan discovery learning. Penelitiandiawali dengan memberikan soal kepada setiap kelompok, kemudianmenganalisis hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui tingkat pemahamandan berakhir pada refleksi terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup.Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pekerjaan antarkelompok dan dari hasil wawancara serta refleksi dari siswa. Hasilnyamenunjukkan bahwa melalui pemodelan yang di peroleh mereka mampumengetahui jumlah peningkatan sampah untuk 2025 tahun mendatang.Pemodelan masalah lingkungan ini juga berdampak pada meningkatnyakesadaran siswa terhadap pelestarian lingkungan.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2018-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1126
10.21580/phen.2017.7.2.1126
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 129-136
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1126/1528
 
Rights Copyright (c) 2018 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0