Record Details

PENGEMBANGAN PORTAL “CHANNEL PEMBELAJARAN SAINS” SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT,IMPLEMENTATION AND EVALUATION )

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN PORTAL “CHANNEL PEMBELAJARAN SAINS” SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT,IMPLEMENTATION AND EVALUATION )
 
Creator Arsini, Arsini
 
Subject Portal “Channel Pembelajaran Sains ”, Video Pembelajaran Online
 
Description Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan Portal “ Channel Pembelajaran Sains” sebagai media pembelajaran online berbasis video yang dapat diakses secara global dan untuk meningkatkan ketersediaan sumber belajar online bagi para guru dan peserta didik  berupa Portal” Channel Pembelajaran Sains” yang berisi berbagai video pembelajaran sains.            Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) menggunakan ADDIE Model. Melalui siklus ADDIE Model, yaitu : (1)Analysis, (2)Design, (3)Development, (4)Implementation dan (5) Evaluation akan dikembangkan Portal “Channel Pembelajaran Sains”, sebuah Portal yang didesain sebagai media pembelajaran berbasis video yang dapat diakses melalui internet.            Secara garis besar, penelitian ini terdiri dari sembilan tahap kegiatan. Tahap pertama, analisis materi pembelajaran sains yang sesuai untuk ditampilkan dengan menggunakan media video. Tahap kedua, pengambilan gambar dengan menggunakan Digital Video Shooting. Tahap ketiga, proses editing video menggunakan program aplikasi VideoPad Video Editor . Tahap keempat, mengunggah video ke internet dengan membuat sebuah channel di Portal berbagi video Youtube yang kemudian diberi nama Portal “Channel Pembelajaran Sains”. Tahap kelima, proses validasi media ke berbagai ahli (ahli komunikasi, ahli materi dan ahli media). Tahap keenam, revisi produk berdasarkan masukan para ahli. Tahap ketujuh, uji coba terbatas di sejumlah sekolah untuk memperoleh masukan dari guru dan peserta didik. Tahap kedelapan, revisi berdasarkan masukan dari guru dan peserta didik. Tahap kesembilan, uji coba produk akhir.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2016-08-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/940
10.21580/phen.2016.6.1.940
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan MIPA; 1-12
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/940/804
 
Rights Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0