Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR
 
Creator setiana, dewi
 
Subject
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pemecahan masalah  ditinjau dari gaya belajar. Analisis pemahaman konsep dalam penelitian ini menggunakan kriteria dari Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas dengan Nomor 576/C/TU/2006. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TMPO-2 SMK Negeri 3 Semarang yang berjumlah 36 anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan gaya belajar tidak secara signifikan mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini memberikan informasi bahwa gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam hal keterampilan memahami konsep hanya terdapat sedikit perbedaan dalam prosesnya. Hal ini dikarenakan subjek visual dan kinestetik sama-sama mampu menguasai 6 dari 7 indikator pemahaman konsep, sedangkan untuk subjek auditori mampu memahami keseluruhan indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini. Hasil analisis disimpulkan bahwa subjek auditori memiliki kemampuan yang lebih tinggi di banding dengan subjek visual dan kinestetik.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2020-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4521
10.21580/phen.2019.9.2.4521
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 176-189
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4521/2649
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0