Analisis Perencanaan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Hukum Termodinamika
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Perencanaan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Hukum Termodinamika
|
|
Creator |
Barokah, Aris
Sugianto, S Astuti, Budi |
|
Subject |
Pembelajaran, instrumen evaluasi, higher order thinking skills (HOTS).
|
|
Description |
AbstrakSalah stau cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang kalor dan usaha adalah termodinamika. Materi hukum termodinamika dianggap cukup sulit oleh sebagian besar peserta didik sehingga hasil belajar pada materi hukum termodinamika masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya instrumen evaluasi yang mendukung proses pembelajaran yang baik dan efektif untuk pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kebutuhan sekolah (para pendidik) terhadap instrumen evaluasi berbasis HOTS di SMA/MA se Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Studi literasi dari berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis HOTS sangat efektif digunakan para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sedangkan, hasil dari data kuesioner yang dibagikan kepada para pendidik dari 11 sekolah menunjukkan selama ini 81,8% pendidik hanya menggunakan soal evaluasi dengan kategori C1-C3. Berdasarkan wawancara dari beberapa pendidik belum menggunakan soal berbasis HOTS karena belum terlalu menguasai model tersebut. Sebanyak 72,7% pendidik menyatakan perlu menggunakan instrumen evaluasi berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi termodinamik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan instrumen evaluasi berbasis HOTS dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik materi hukum termodinamika.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7303
10.21580/phen.2021.11.1.7303 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 75-86
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7303/3734
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|