Record Details

Analisis Perencanaan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Hukum Termodinamika

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Perencanaan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Hukum Termodinamika
 
Creator Barokah, Aris
Sugianto, S
Astuti, Budi
 
Subject Pembelajaran, instrumen evaluasi, higher order thinking skills (HOTS).
 
Description AbstrakSalah stau cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang kalor dan usaha adalah termodinamika. Materi hukum termodinamika dianggap cukup sulit oleh sebagian besar peserta didik sehingga hasil belajar pada materi hukum termodinamika masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya instrumen evaluasi yang mendukung proses pembelajaran yang baik dan efektif untuk pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kebutuhan sekolah (para pendidik) terhadap instrumen evaluasi berbasis HOTS di SMA/MA se Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Studi literasi dari berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis HOTS sangat efektif digunakan para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sedangkan, hasil dari data kuesioner yang dibagikan kepada para pendidik dari 11 sekolah menunjukkan selama ini 81,8% pendidik hanya menggunakan soal evaluasi dengan kategori C1-C3. Berdasarkan wawancara dari beberapa pendidik belum menggunakan soal berbasis HOTS karena belum terlalu menguasai model tersebut. Sebanyak 72,7% pendidik menyatakan perlu menggunakan instrumen evaluasi berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi termodinamik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan instrumen evaluasi berbasis HOTS dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik materi hukum termodinamika.  
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7303
10.21580/phen.2021.11.1.7303
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA; 75-86
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/7303/3734
 
Rights Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0