PROFIL KOMPETENSI 4C’S SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL READING-CONCEPT MAP-JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PROFIL KOMPETENSI 4C’S SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL READING-CONCEPT MAP-JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
|
|
Creator |
SHOLIKHA, ARI IVAYANTI ARDIK
|
|
Subject |
saintek; walisongo; phenomenon; pendidikan;biology education
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA SMA N 2 Ungaran. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Rata-rata nilai posttest kelas XI MIPA 2 adalah 80,76 dan kelas XI MIPA 3 adalah 90,21. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. Uji n-gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, yang menunjukkan hasil rata-rata n-gain kelas XI MIPA 2 adalah 0,64 (sedang) dan rata-rata n-gain XI MIPA 3 adalah 0,81 (tinggi). Rata-rata nilai kuesioner keterampilan berpikir kreatif pada kelas XI MIPA 2 adalah 70,73 dan kelas XI MIPA 3 adalah 75,21. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai kuesioner kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,008 0,05. Rata-rata nilai observasi keterampilan komunikasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 74,77 dan kelas XI MIPA 3 adalah 85,53. Rata-rata nilai observasi keterampilan kolaborasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 77,03 dan kelas XI MIPA 3 adalah 83,88. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil nilai observasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,000 0,05. Hasil ini diperkuat dengan tanggapan guru dan siswa yang memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran remap jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran. Kata kunci: kompetensi 4C’s, model reading-concept map-jigsaw, sistem ekskresi.
|
|
Publisher |
Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4338
10.21580/phen.2019.9.2.4338 |
|
Source |
Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA; 112-131
2502-5708 2088-7868 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4338/2644
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|