Record Details

KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM
 
Creator Setyowati, Desi Wulandari Nuning
 
Subject Contextual teaching and learning approach; effectiveness; natural resource; learning outcomes; science
 
Description Penelitian in bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Wonosari 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonosari 01. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan siswa kelas IVB (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan konvensional. Nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan kelas eksperimen 0,50 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2017-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1494
10.21580/phen.2017.7.1.1494
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA; 50-57
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1494/1107
 
Rights Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0