Record Details

PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LDS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MIKROORGANISME DI VAISHNAVI SECONDARY SCHOOL NEPAL

Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LDS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MIKROORGANISME DI VAISHNAVI SECONDARY SCHOOL NEPAL
 
Creator Hakim, Lukman
 
Subject Hasil Belajar Kognitif; LDS; Minat Belajar; Model Pembelajaran TGT
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi LDS terhadap minat dan hasil belajar kognitif pada materi mikroorganisme di Vaishnavi Secondary School Nepal.  Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan pola One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Vaishnavi Secondary School yaitu pada Low Secondary School setingkat SMP dengan sampel siswa kelas 8 yang berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen yang diambil secara langsung melalui kepala sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang diambil berupa hasil belajar kognitif, minat belajar dan aktivitas siswa berupa observasi aktivitas siswa dan tanggapan siswa. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji N-gain dan ketuntasan klasikal 85% pada hasil belajar kognitif, angket minat belajar dan aktivitas siswa digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil belajar kognitif siswa rerata pretest 45,43 sedangkan rerata posttest 66,78 dengan ketuntasan klasikal 85,7% sedangkan pada uji N-gain diperoleh 64,3% kategori sedang dan 35,7% kategori rendah dengan rerata peningkatan sedang sebesar 0,381. Analisis angket minat belajar rerata sebelum treatment 60,1 kategori sedang meningkat menjadi 67,37 kategori tinggi  setelah treatment. Analisis aktivitas belajar siswa dari kurang aktif dengan rerata 29,08 menjadi cukup aktif dengan rerata 47,96% kemudian mengalami peningkatan rerata 62,75% kategori aktif. Dari tanggapan siswa mengenai aktivitas siswa sejumlah 92,86% memberikan tanggapan baik dan 7,14% cukup baik. Hasil penelitian ialah penerapan pembelajaran model TGT dilengkapi LDS memberikan pengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa pada materi mikroorganisme.
 
Publisher Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor Lukman Hakim
Universitas Negeri Semarang
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi pendidikan Biologi
 
Date 2020-12-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4120
10.21580/phen.2020.10.2.4120
 
Source Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA; Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA; 118-131
2502-5708
2088-7868
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/4120/3010
 
Rights Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0