STRATEGI GURU PABK (PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI E-LEARNING DI SMA N 1 KARAS, MAGETAN
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI GURU PABK (PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI E-LEARNING DI SMA N 1 KARAS, MAGETAN
|
|
Creator |
Siti Nurul Chasanah
|
|
Description |
Abstract Humans are creatures of God who have an essential nature, namely religious creatures (homo religious), where every human being has the nature to understand and accept the values of truth that come from religion. Religion and humans have a natural relationship where religion is integrated in the nature of human creation. This is manifested in noble qualities that need to be developed. Education is one of the strategies in developing human noble qualities and making individuals always remember and get closer to their God (religious). Religion has 5 aspects, Ideological Aspects, Ritualistic Aspects, Experiential Aspects, Intellectual Aspects, Consequential Aspects. These five aspects need to be improved in the concept of e-learning learning which is currently being implemented by the government in line with the COVID-19 pandemic conditions that hit Indonesia. This requires online learning. In the implementation of online learning SMA N 1 Karas has an LMS application and also uses Whatsapp Based on this, the purpose of this research is to find out descriptively based on data in the field how the teacher's strategy is to improve students' religiosity through e-learning. This study used a qualitative method which was analyzed using coding. Based on the data in the field, it is known that the strategies of PABK teachers at SMA N 1 Karas in increasing student religiosity through e-learning are; provide motivation, provide advice, instill religious values in aspects, knowledge, understanding and internalization through learning PABK material delivered by teachers through online learning, implementing and internalizing religious values in daily life through student assignments, preparing teaching aids good and interesting so that students are able to understand the concept of religiosity, the teacher prays for students to always be istiqamah and get ridho from Allah. Keyword: PABK Teacher, Student Religiosity Abstrak Manusia merupakan makhluk Allah yang memiliki sifat hakiki yaitu makhluk beragama (homo religius), dimana setiap manusia mempunyai fitrah untuk memahami dan menerima nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari agama. Agama dan manusia memiliki hubungan kodrati dimana agama menyatu dalam fitrah penciptaan manusia. Hal tersebut terwujud dalam sifat luhur yang perlu untuk dikembangkan. Pendidikan menjadi salah satu strategi dalam mengembangkan sifat-sifat luhur manusia dan menjadikan individu selalu mengingat dan mendekatkan diri pada Tuhannya(religious). Religius memiliki 5 aspek, Aspek Ideologi, Aspek Ritualistic, Aspek Eksperiensial, Aspek intelektual, Aspek Konsekuensial. Kelima aspek tersebut perlu ditingkatkan dalam konsep pembelajaran e-learning yang saat ini sedang diterapkan pemerintah seiring dengan kondisi pandemic covid-19 yang melanda Indonesia.Hal tersebut mengharuskan pembelajaran melalui daring.Dalam pelaksanaan pembelajaran daring SMA N 1 Karas memiliki aplikasi LMS dan juga menggunakan Whatsapp.Berdasrkan hal terusmuskan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara deskriptif berdasrkan data di lapangan bagaimana startegi guru meningkatkan religisuistas siswa melalui e-learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dianalisis menggunakan coding. Berdasarkan data di lapangan diketahui bahwa strategi guru PABK SMA N 1 Karas dalam meningkatkan religiusitas siswa melalui e-learning yaitu; memberikan motivasi, memberikan nasihat, menanamkan niali-nilai religiusitas pada aspek, pengetahuan, pemahaman dan internalisasi melalui pembelajaran materi PABK yang disampaikan oleh guru melalui pembelajaran online, mengimplementasi dan menginternalisasi nilai-nilai religiusitas di kehidupan sehari-hari melalui penugasan siswa, menyiapkan alat peraga yang baik dan menarik agar siswa mampu memahami konsep religiusitas, guru mendoakan siswa agar selalu istiqamah dan mendapatkan ridho dari Allah. Key Word:Guru PABK, Religiusitas Siswa |
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/580
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 15 No. 2 (2021): SEPTEMBER; 255-272
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 15 No 2 (2021): SEPTEMBER; 255-272 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/580/272
|
|
Rights |
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
|
|