PERAN DAN FUNGSI BAHASA DALAM PEMASARAN PRODUK DI ERA GLOBALISASI
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN DAN FUNGSI BAHASA DALAM PEMASARAN PRODUK DI ERA GLOBALISASI
|
|
Creator |
Arif ma’mun rifa’i
|
|
Description |
abstract Communicative competence is a person's ability to communicate in accordance with the topic, area, field up to greet the other person. Communicative competence includes the knowledge that the speakers have about what underlies the correct language behavior or speech behavior, and about what constitutes effective language behavior The communicative component is the ability to distinguish social markers or carry other meanings and meanings that are variants in certain situations. In the globalization era with the technological developments, marketers of the product are demanded to be able and wiser in assembling words according to different contexts and cultures in the global market segment. The role and function of language cannot be negated from human being, both are closely attached and cannot be separated each others. The choice of part of language as a communication tool in marketing can determine how a product can be explained through language that can attract consumers. It proves that the role of language is so important to study, because through its language function has meaning that gives information clearly as guidence that the product is the best alternative among product competitions in the global segment. Key words : role and function of language, product marketing, and globalization era Abstrak Kompetensi komunikatif adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi sesuai dengan topik, daerah, bidang sampai dengan siapa lawan bicara. Kompetensi komunikatif meliputi pengetahuan yang penutur-pendengar miliki tentang apa yang mendasari perilaku bahasa atau perilaku tutur yang tepat dan benar, dan tentang apa yang membentuk perilaku bahasa yang efektif. Komponen komunikatif ialah kecakapan membedakan penanda sosial atau membawa makna lain serta makna yang suatu varian dalam situasi tertentu. Di era globalisasi seiring perkembangan teknologi pemasar produk di.tuntut untuk mampu dan lebih bijak dalam merangkai kata sesuai dengan perbedaan konteks dan budaya pada segment pasar global. Peran dan fungsi bahasa tidak dapat dinegasikan dari usaha manusia keduanya melekat erat tidak dapat dipisahkan. Pemilihan bahasa sebagai alat komunikasi dalam pemasaran dapat menentukan bagaimana sebuah produk dapat dijelaskan melalui bahasa yang dapat menarik konsumen. Ini membuktikan bahwa peran bahasa penting untuk dikaji, karena melalui fungsi fungsinya memiliki makna yang memberikan informasi dengan jelas sebagai gpenunjuk bahwa produk yang dipasarkan merupakan pilihan terbaik diantara kompetisi-kompetisi produk di segmen global. Kata kunci : peran dan fungsi bahasa, pemasaran produk, era globalisasi. |
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/576
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 15 No. 2 (2021): SEPTEMBER; 197-207
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 15 No 2 (2021): SEPTEMBER; 197-207 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/576/268
|
|
Rights |
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
|
|