Record Details

KONSTRUKSI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL NASIONAL

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSTRUKSI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL NASIONAL
 
Creator Mubarok, M. Khusni
Darmono, Al
 
Subject Kata Kunci
Pendidikan Islam
Multikultural
KH. Ahmad Dahlan
KH. Hasyim Asy’ary
 
Description AbstrakPendidikan Islam di Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan yang semakin kompleks. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan namun hasilnya nampak belum sesuai dengan harapan. Untuk menjawab berbagai tantangan tersebut perlu adanya perbaikan kembali secara metodologis Pendidikan Islam selama ini.Indonesia sebagai bangsa telah mewarisi multibudaya atau multikultur dari para pendahulu. Berbagai khasanah keilmuan Pendidikan Islam banyak dihasilkan dan dijalankan oleh para tokoh-tokoh nasional masa lalu yang terbukti dari karya-karyanya sangat berharga dan masih tetap relevan untuk digunakan pada era sekarang ini.Diantara para tokoh Pendidikan Islam dalam pembahasan ini adalah KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ary. Kedua tokoh dengan latar belakang dan kultur berbeda memiliki filosofis Pendidikan Islam masing-masing yang sama-sama terbukti berhasil memajukan Pendidikan Islam di Indonesia.Dengan melihat tantangan Pedidikan Islam saat ini maka penting untuk dilakukan konstruksi filosofi Pendidikan Islam multikultural nasional untuk memperjelas arah Pendidikan Islam di Indonesia. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Multikultural, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asy’ary
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2020-04-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/399
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 14 No. 1 (2020): MARET; 56 - 64
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 14 No 1 (2020): MARET; 56 - 64
2502-213X
2089-3426
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/399/198
 
Rights Copyright (c) 2020 M. Khusni Mubarok, Al Darmono