Record Details

PEMBINAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN SANGGAR GENIUS DI LAZNAS YATIM MANDIRI CABANG YOGYAKARTA

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBINAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN SANGGAR GENIUS DI LAZNAS YATIM MANDIRI CABANG YOGYAKARTA
 
Creator Mukharomah, Nafi'
 
Subject Kata Kunci
Pembinaan
anak yatim
dhuafa
program pendidikan
 
Description AbstrakArtikel ini membahas tentang pembinaan yang telah diberikan kepada anak yatim dan dhuafa dalam bentukprogram pendidikan yang bernama Sanggar GENIUS.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian bertempat di LAZNAS Yatim Mandiri Yogyakarta yang beralamat di Jl. Ireda No. 119, Keparakan, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta.Sasaran dari program ini adalah anak-anak yatim dan dhuafa karena salah satu masalah krusial di antara merekayaitu kurang memperhatikan pendidikannya. Program bimbingan belajar Sanggar GENIUS ini mencari tempat di kawasan yang terbilangbanyak anak yatim dan dhuafanya, karena program ini adalah amanah dari donator yang menyisihkan sebagian hartanya ke LAZNAS Yatim Mandiri. Jadi, program ini tidak dipungut biaya atau gratis namun tetap berkualitas.Berikut adalah rumusan permasalahan yang berguna untuk memudahkan pemaparan. Pertama, bagaimana implementasi program Sanggar GENIUS di Yatim Mandiri Yogyakarta. Kedua, bagaimana bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan guru GENIUS selama proses pembelajaran. Subjek penelitian dilakukan dengan carapurposive. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data penelitian dengan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini sesuai dengan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Sanggar GENIUS dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam seminggu, dimana anak binaan dari tiap sanggar dibimbing oleh satu guru GENIUS. Bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan melalui program Sanggar GENIUS tersebut adalahpembinaan dalam pembelajaran matematika, pendampingan belajar mandiri, dan akhlakul karimah. Kata Kunci: Pembinaan, anak yatim, dhuafa, program pendidikan
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2019-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/338
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 13 No. 1 (2019): MARET; 72 - 88
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 13 No 1 (2019): MARET; 72 - 88
2502-213X
2089-3426
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/338/168
 
Rights Copyright (c) 2019 Nafi' Mukharomah