IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 NGAWI
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 NGAWI
|
|
Creator |
Sadiran, Sadiran
|
|
Subject |
Kata Kunci
Kepemimpinan Manajemen Terpadu Mutu Pendidikan Sekolah. |
|
Description |
AbstrakDalam perspektif Total Quality Management atau Manajemen Mutu Terpadu (selanjutnya disebut MMT), peningkatan mutu lembaga harus berasal dari pimpinan, sebagaimana diungkapkan oleh Edward sallis, “leadership and commitment to quality must come from the top. all model of quality emphasize that without the drive of senior management quality inisiative will be short-lift. (Kepemimpinan dan komitmen terhadap mutu harus datang dari atas. Seluruh tokoh mutu menekankan bahwa tanpa dukungan dari manajemen senior, maka sebuah inisiatif mutu tidak akan bertahan hidup).    Penerapan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam pendidikan sejak lama telah diawali dari negara-negara maju, seperti Amerika (1990), jepang dan negara-negara maju lainnya. Meski pada awalnya banyak dari pakar pendidikan yang meragukan tentang keberhasilan MMT di dunia pendidikan, namun keraguan ini tertepis setelah adanya hasil dengan meningkatnya mutu pendidikan dengan penerapkan MMT. Penelitian yang penulis laksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi menunjukkan hasil tentang Implementasi Kepemimpinan Manajemen Mutu Terpadu melalui beberapa tahap sebagai berikut: (1) Perumusan Konsep Mutu Terpadu di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi meliputi perumusan visi, misi dan tujuan sekolah. (2) Mengidentifikasi urusan-urusan (fungsi-fungsi) untuk mencapai tujuan. (3) Menentukan alternative langkah-langkah pemecahan masalah yang dihadapi. (4) Menyusun rencana program peningkatan mutu. (5) Sosialisasi Konsep Mutu Terpadu Kepada seluruh pegawai. (6) Penerapan pada pelayanan (service), proses (process), produk (product), Sumber daya manusia (human resourcess), lingkungan. (7) Penerapan strategi peningkatan mutu pendidikan sekolah standar nasional di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan.Kata Kunci :  Kepemimpinan Manajemen Terpadu, Mutu Pendidikan Sekolah.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2019-03-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/330
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 12 No. 2 (2018): SEPTEMBER; 192-207
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 12 No 2 (2018): SEPTEMBER; 192-207 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/330/160
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Sadiran Sadiran
|
|