PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS “PROBLEM SOLVING†DI SD DALAM PERSPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS “PROBLEM SOLVING†DI SD DALAM PERSPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK
|
|
Creator |
Ahdhianto, Erif
Darmono, Al |
|
Subject |
Kata Kunci
Problem solving Pendekatan Scientific Pembelajaran matematika |
|
Description |
ABSTRAKArtikel ini bertujuan untuk mengajak para guru sekolah dasar untuk membahas proses pembelajaran matematika berbasis problem solving dalam perspektif pendekatan saintifik. Pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar dalam perspektifpendekatan saintifik.Melalui problem solving, guru-guru dapat meningkatkan pola pikir dan kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013.Dalam pembelajaran matematika guru dapat menerapkan pendekatansaintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menyajikan, sehingga guru-guru khususnya guru matematika dapat menerapakan pemecahan masalah (problem solving)dalam perspektif pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.    Kata Kunci:Problem solving, Pendekatan Scientific, Pembelajaran matematika
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2018-11-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/322
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 12 No. 1 (2018): MARET; 226-240
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 12 No 1 (2018): MARET; 226-240 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/322/158
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Erif Ahdhianto, Al Darmono
|
|