PARADIGMA SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PARADIGMA SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
|
|
Creator |
Muzaqi, Sugito
Muasomah, Luluk |
|
Subject |
Kata kunci
paradigma sistem pendidikan Islam |
|
Description |
AbstrakParadigma adalah suatu citra fundamental dari pokok permasalahan dari suatu ilmu. Oleh karenanya paradigma pendidikan menjadi kunci utama yang akan mengarahkan perilaku ilmiah untuk menyelidiki, dan menemukan solusi pemecahan masalah di dalamnya. Paradigma pendidikan islam merupakan suatu pokok permasalahan ilmu yang menggariskan berbagai macam pernyataan, kaidah pertanyaan dan penafsiran yang diperoleh dari jawaban yang sudah dipelajarinya. Paradigma pendidikan Islam di Indonesia dibagi menjadi tiga bagian pokok yaitu: 1) pendidikan Islam menjadi intelektual komitmen yang menjadi suatu citra fundamental dari pokok permasalahan suatu ilmu; 2) pendidikan Islam seharusnya dikembangkan dari pemikiran pendidikan Islam yang ditelorkan para ‘ulama, pemikir (intelegensia) dan filosof Muslim; 3) Integrasi antara ilmu dan agama memungkinkan bagi kita menemukan sebuah paradigma milik kita sendiri “Pendidikan (Agama) Islamâ€.Kata kunci: paradigma, sistem, pendidikan Islam
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2018-09-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/306
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 12 No. 2 (2018): SEPTEMBER; 27-39
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 12 No 2 (2018): SEPTEMBER; 27-39 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/306/142
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Sugito Muzaqi, Luluk Muasomah
|
|