PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDASARKAN KURIKULUM NASIONAL DI SMA NEGERI 1 SINE
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDASARKAN KURIKULUM NASIONAL DI SMA NEGERI 1 SINE
|
|
Creator |
Muasomah, Luluk
|
|
Description |
ABSTRAK Luluk Muasomah, Fakultar Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kurikulum Nasional di SMA Negeri I Sine.Penelitian ini berupaya memaparkan bagaimana pemahaman guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Sine terhadap kurikulum Nasional?, serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan kurikulum Nasional?, serta hambatan yang ditemui oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanan pembelajaran?Penelitian ini  mengambil latar di SMA Negeri I Sine. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-naturalist pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sine.Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa: 1) Paradigma guru terhadap proses pembelajaran, guru adalah motivator, fasilittor bagi siswa serta guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Sine berpendapat bahwa yang terpenting dalam Kurnas ini adalah pencapaian target kompetensi, serta Pendidikan Agama Islam dalam Kurnas menekankan pada aspek afektif dan psikomotorik dengan mendasarkan pada aspek kognitif 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru PAI membaginya kepada tiga tahapan yaitu pertama, tahap persiapan dengan membuat program tahunan, pembuatan silabus, rencana pembelajaran, agenda harian, dan penjabaran alokasi waktu. kedua, tahap pelaksanaan sebagai tahap inti dalam proses pembelajaran. Dalam penyampaian materi pelajaran guru selalu menggunakan metode yang bervariasi. ketiga, tahap evaluasi/penilian. Penilaian yang dilakukan guru adalah penilaian berbasis kelas, mulai dari proses paling awal sampai pada proses paling akhir. 3) Hambatan-hambatan yang ditemui guru PAI adalah kurangnya fasilitas pendukung berupa buku-buku pelajaran agama. Kata Kunci : Pembelajaran PAI dan Kurikulum Nasional.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2018-05-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/284
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 12 No. 1 (2018): MARET; 53-65
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 12 No 1 (2018): MARET; 53-65 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/284/130
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Luluk Muasomah
|
|