Record Details

METODE BERPROGRAMA DAN CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SMAN Ngrambe)

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title METODE BERPROGRAMA DAN CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SMAN Ngrambe)
 
Creator Muasomah, Luluk
 
Subject Metode Pengajaran Fisika
Prestasi
Motivasi
 
Description ABSTRAK; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan metode pembelajaran antara metode berprograma, dan penemuan pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Serta mengetahui metode mana yang memiliki kontribusi besar antara penggunaan metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 semester 1 SMAN Ngrambe tahun pelajaran 2016//2017. Data penelitian yang terdiri dari kemampuan awal dan kemampuan akhir dari tes prestasi belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan dari hasil rerata skor tertinggi (22,23), dengan metode berprograma dan (17,67) metode ceramah, kemudian dari hasil perhitungan, kenaikan skor antara rerata tes awal dan akhir diketahui skor tertinggi (10,14) untuk metode berprograma dan (4) untuk metode ceramah, sehingga dapat diartikan bahwa kontribusi terbesar peningkatan prestasi belajar siswa dan metode pembelajaran setelah dibandingkan dengan metode yang lain dilihat dari kenaikan skor tertinggi dicapai oleh metode pembelajaran dengan menggunakan metode berprograma dan terendah dicapai oleh metode ceramah, untuk pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus kelas1 semester 1 SMAN Ngrambe. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut tampak jelas bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode berprograma. Metode ini lebih efektif daripada metode ceramah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Fisika. Dari uraian di atas jelaslah bahwa metode pembelajaran sangat besar manfaatnya dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar akan meningkatkan motivasi pada siswa sehingga dapat mempertinggi keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2017-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/271
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 11 No. 2 (2017): SEPTEMBER; 85-96
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 11 No 2 (2017): SEPTEMBER; 85-96
2502-213X
2089-3426
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/271/122
 
Rights Copyright (c) 2017 Luluk Muasomah