PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PERSPEKTIF PERENIALISME
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM PERSPEKTIF PERENIALISME
|
|
Creator |
Rifa’i, Arif Ma’mun
|
|
Subject |
Pendidikan Bahasa Inggris
Perspektif Perenialisme |
|
Description |
ABSTRAK; Bahasa merupakan alat komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dari manusia yang digunakan untuk mengetahui informasi, menyampaikan ide atau gagasan. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang dipandang penting untuk dipelajari di Indonesia sebagai persiapan menyongsong era globalisasi. Oleh karena itu pendidikan bahasa Inggris hendaknya memperhatikan metode dan tujuan pengajaranya agar tujuan dan fungsi bahasa Inggris dapat dicapai tanpa mengesampikan nilai budaya yang ada di Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah konsep pendidikan telah diformulasikan secara intergral dalam payung dari disiplin ilmu pendidikan salah satunya filsafat perennial. Perenialisme identik dengan pengilhaman psikologi dari realitas ilahiyah nilai nilai yang tinggi pada keyakinan yang bersifat metafisik, bahwa pendidikan dalam aliran perenialisme cenderung bersifat religius dan lebih berorientasi pada agama aturan dogmatis, mengedepankan pada tradisi dan budaya masa lalu, mendasarkan pada kesatuan, menemukan persamaan-persamaan. Pada pendidikan bahasa Inggris dalam pandangan perenialisme mengedepankan pada : Mental Disipline dalam menerapkan aturan bahasa serta dalam mempraktekanya, Azas berpikir dan kemerdekaan, otoritas berpikir harus disempurnakan sesempurna mungkin; Learning to Reason (belajar untuk Berpikir) dapat diterapkan pada menulis dan membaca kritis bahasa Inggris; Belajar untuk berpikir berarti pula guna memenuhi fungsi practical philosophi baik etika berbahasa, sosial politik, ilmu dan seni relevansinya dengan budaya dalam bahasa Inggris; Guru berkedudukan sebagai mediator antara materi ajar dengan anak yang melakukan penyerapan pengajaran bahasa Inggris.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2017-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/267
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 11 No. 2 (2017): SEPTEMBER; 36-50
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 11 No 2 (2017): SEPTEMBER; 36-50 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/267/119
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Arif Ma’mun Rifa’i
|
|