Record Details

PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLEGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLEGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA
 
Creator Hidayah, Rohmatun Nurul
 
Subject Strategi Multiple Intellegences
Howard Gardner
Pendidikan Anak Usia Dini
 
Description Pembelajaran dengan Multiple Intellegences sangatlah penting untuk mengutamakan perbedaan individual pada anak didik. Implikasi teori Multiple Intellegences dalam proses pendidikan dan pembelajaran adalah bahwa pengajar perlu memperhatikan modalitas kecerdasan dengan cara menggunakan berbagai strategi dan pendekatan sehingga anak akan dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Strategi Multiple Intellegences Prespektif Howard Gardner dan penerapannya di Indonesia antara lain adalah kecerdasan linguistik (kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi pidato, diskusi, tulisan), kecerdasan logika matematika (kemampuan logika-matematik dalam memecahkan berbagai masalah), kecerdasan fisik kinestetik (keterampilan gerak, menari, olahraga), kecerdasan visual spasial (kemampuan berpikir tiga dimensi), kecerdasan intrapersonal (kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri), kecerdasan interpersonal (kemampuan memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain), kecerdasan musikal (kepekaan dan kemampuan berekspresi dan bunyi, nada, melodi, irama), naturalist (kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan), dan kecerdasan spiritual (kemampuan melalui pendidikan agama, kontemplasi kepercayaan, dan refleksi teologis).
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2016-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/114
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 10 No. 1 (2016): MARET; 173-185
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 10 No 1 (2016): MARET; 173-185
2502-213X
2089-3426
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/114/83
 
Rights Copyright (c) 2017 Rohmatun Nurul Hidayah