MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS IKLIM SEKOLAH
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS IKLIM SEKOLAH
|
|
Creator |
Aldarmono, Aldarmono
|
|
Subject |
Pendidikan Karakter
Iklim Sekolah |
|
Description |
Pendidikan diharapkan dapat menghantarakan peserta didik mencapai kedewasaan pada semua aspek secara menyeluruh. Pendidikan mengembangkan semua aspek peserta didik baik aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Namun pada realitanya pendidikan sekolah belum mampu diwujudkan harapan tersebut. Terbukti pendidikan sekolah lebih memprioritaskan kemampuan kognitif dibandingan kemampuan lainnya. Sehingga yang terjadi banyak siswa mencapai prestasi tinggi tetapi tidak sejalan dengan tingkah lakunya. Banyak siswa yang pandai dan pintar namun akhlak dan moralitasnya buruk. Oleh karena itu sangat penting pendidikan karakter diberikan kepada peserta didik di sekolah.Dalam beberapa tahaun terakhir pendidikan karakter diterapkan di sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter disajikan secara terintegrasi dengan mata pelajaran di sekolah. Keberhasilan implementasi pendidikan karakter dalam upaya membentuk peserta didik yang berkepribadian, tidak cukup sebatas melalui kegiatan pembelajaran. Namun juga penting sekali dibutuhkan lingkungan yang menunjang. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif, maka diharapkan mendukung dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan karakter di sekolah.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2016-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/108
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 10 No. 1 (2016): MARET; 95-108
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 10 No 1 (2016): MARET; 95-108 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/108/77
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Aldarmono Aldarmono
|
|