Record Details

PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD
 
Creator Aldarmono, Aldarmono
 
Subject Edutainment
IPA
Keterampilan Proses
 
Description Pendekatan edutainment pada hakikatnya pembelajaran mengutamakan permainan yang menghibur dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang berakumulasi dan tersusun mengenai alam dan gejalanya. Pada hakikatnya IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai sikap ilmiah, ketiga-tiganya harus diwujudkan dalam pembelajaran. Dalam pendekatan edutainment IPA SD pada dasarnya upaya mewujudkan suatu pembelajaran menyenangkan yang berorientasi pada siswa dalam mencari dan menemukan konsep, prinsip, dan fakta IPA. Pembelajara IPA melibatkan keterampilan proses, yakni metode ilmiah dalam menemukan sebuah pengetahuan. Adapun metode ilmiah IPA antara lain menggunakan langkah sebagai berikut; mendefinfisikan masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai, menyusun hipotesis, menguji hipotesis, merekam dan menganalisa data, dan menarik kesimpulan. 
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2015-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format "application/pdf"
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/73
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 9 No. 2 (2015): September; 61-75
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 9 No 2 (2015): September; 61-75
2502-213X
2089-3426
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/73/55
 
Rights Copyright (c) 2015 Aldarmono Aldarmono