PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD
|
|
Creator |
Aldarmono, Aldarmono
|
|
Subject |
Edutainment
IPA Keterampilan Proses |
|
Description |
Pendekatan edutainment pada hakikatnya pembelajaran mengutamakan permainan yang menghibur dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang berakumulasi dan tersusun mengenai alam dan gejalanya. Pada hakikatnya IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai sikap ilmiah, ketiga-tiganya harus diwujudkan dalam pembelajaran. Dalam pendekatan edutainment IPA SD pada dasarnya upaya mewujudkan suatu pembelajaran menyenangkan yang berorientasi pada siswa dalam mencari dan menemukan konsep, prinsip, dan fakta IPA. Pembelajara IPA melibatkan keterampilan proses, yakni metode ilmiah dalam menemukan sebuah pengetahuan. Adapun metode ilmiah IPA antara lain menggunakan langkah sebagai berikut; mendefinfisikan masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai, menyusun hipotesis, menguji hipotesis, merekam dan menganalisa data, dan menarik kesimpulan.Â
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2015-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
"application/pdf"
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/73
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 9 No. 2 (2015): September; 61-75
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 9 No 2 (2015): September; 61-75 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/73/55
|
|
Rights |
Copyright (c) 2015 Aldarmono Aldarmono
|
|