Record Details

PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL
 
Creator Sarwoto, Sarwoto
 
Subject Kata-kata Kunci
Pendidikan moral
Khuluq
Tazkiyah an-nafs
 
Description PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORALSarwotoJurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ngawi AbstrakPandangan al-Ghazali tentang pendidikan moral bercorak individual dan religius. Tujuan pendidikan moral dalam pandangan al-Ghazali adalah membentuk manusia yang suci jiwanya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Sumber pendidikan moral menurut al-Ghazali adalah wahyu dan melalui bimbingan secara ketat dari syaikh sehingga kurang mengoptimalkan fungsi akal.  Materi pendidikan moral al-Ghazali meliputi ilmu dan amal. Metode pendidikan al-Ghazali adalah: metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode tazkiyah an-nafs (penyucian jiwa), melalui takhliyah  al-nafs dan tahliyah al-nafs. Takhliyah al-nafs adalah usaha penyesuaian diri melalui pengosongan diri dari sifat-sifat tercela. Sedangkan tahliyah al-nafs merupakan  penghiasan diri dengan moral dan sifat terpuji. Mengenai peran dan syarat pendidik moral al-Ghazali menekankan bahwa pembimbing moral adalah warastatul anbiya’ dengan konsep teacher-centered. 
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2013-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format "application/pdf"
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/58
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 6 No. 1 (2013): (APRIL 2013); 46-67
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 6 No 1 (2013): APRIL; 46-67
2502-213X
2089-3426
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/58/41
 
Rights Copyright (c) 2013 Sarwoto Sarwoto