PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL
|
|
Creator |
Sarwoto, Sarwoto
|
|
Subject |
Kata-kata Kunci
Pendidikan moral Khuluq Tazkiyah an-nafs |
|
Description |
PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORALSarwotoJurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ngawi AbstrakPandangan al-Ghazali tentang pendidikan moral bercorak individual dan religius. Tujuan pendidikan moral dalam pandangan al-Ghazali adalah membentuk manusia yang suci jiwanya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Sumber pendidikan moral menurut al-Ghazali adalah wahyu dan melalui bimbingan secara ketat dari syaikh sehingga kurang mengoptimalkan fungsi akal. Materi pendidikan moral al-Ghazali meliputi ilmu dan amal. Metode pendidikan al-Ghazali adalah: metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode tazkiyah an-nafs (penyucian jiwa), melalui takhliyah  al-nafs dan tahliyah al-nafs. Takhliyah al-nafs adalah usaha penyesuaian diri melalui pengosongan diri dari sifat-sifat tercela. Sedangkan tahliyah al-nafs merupakan penghiasan diri dengan moral dan sifat terpuji. Mengenai peran dan syarat pendidik moral al-Ghazali menekankan bahwa pembimbing moral adalah warastatul anbiya’ dengan konsep teacher-centered.Â
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2013-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
"application/pdf"
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/58
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 6 No. 1 (2013): (APRIL 2013); 46-67
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 6 No 1 (2013): APRIL; 46-67 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/58/41
|
|
Rights |
Copyright (c) 2013 Sarwoto Sarwoto
|
|