MENCARI EVIDENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Epistemologis Terhadap Problematika Keguruan)
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENCARI EVIDENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Epistemologis Terhadap Problematika Keguruan)
|
|
Creator |
Hariadi, Hariadi
|
|
Subject |
Problematika Keguruan
Profesional |
|
Description |
Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan mengenai hakikat ilmu, dan ilmu sebagai proses adalah usaha pemikiran yang sistematik dan metodik untuk menemukan prinsip kebenaran yang terdapat pada suatu obyek kajian ilmu yang tinjauannya meliputi : sumber-sumber ilmu, cara memperoleh ilmu, ruang lingkup ilmu dan validitas pengetahuan. Guru yang profesional adalah guru memiliki dua kategori, yaitu capability dan loyality, artinya guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan, yakni loyal kepada tugas-tugas keguruan yang tidak semata-mata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah di kelas. Problematika profesionalisme guru disebabkan oleh kurangnya kesadaran guru akan jabatan dan tugas yang diembannya serta tanggung jawab keguruannya secara vertikal maupun horizontal dan munculnya sikap malas dan tidak disiplin waktu dalam bekerja yang mengarah pada lemahnya etos kerja.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Ngawi
|
|
Date |
2012-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
"application/pdf"
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/35
|
|
Source |
Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 3 No. 1 (2012): (SEPTEMBER 2012); 1-12
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 3 No 1 (2012): SEPTEMBER; 1-12 2502-213X 2089-3426 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/35/24
|
|
Rights |
Copyright (c) 2012 Hariadi Hariadi
|
|