Record Details

RELEVANSI POKOK-POKOK PIKIRAN KITAB TA’LIM ALMUTA’ALLIM DALAM PENGEMBANGAN TRADISI ILMIAH

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RELEVANSI POKOK-POKOK PIKIRAN KITAB TA’LIM ALMUTA’ALLIM DALAM PENGEMBANGAN TRADISI ILMIAH
 
Creator Hariadi, Hariadi
 
Description Abstrak Tulisan ini merupakan hasil penelitian kepustakaan terhadap kitab “Ta‟lim alMuta‟allim†karya Syaikh al-Zarnujiy. Pokok masalah yang hendak dijawab oleh penelitian ini adalah bagaimana pokok-pokok pikiran pendidikan dalam kitab tersebut dikontekstulisaikan dengan tradisi ilmiah dalam pendidikan modern. Tradisi ilmiah di sini meliputi beberapa konsep sebagai berikut: konsep tentang ilmu pengetahuan; konsep tentang etika ilmiah; konsep tentang hidup dan tujuan pendidikan dan konsep tentang interaksiedukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pokok pikiran pendidikan dalam kitab tersebut yang perlu direvitalisasi, demikian pula ada beberapa yang harus diperbarui, dalam kaitannya dengan pengembangan tradisi saintifik dalam pendidikan modern.  Kata-kunci: Kitab Ta‟lim al-Mutaalim, Tradisi Ilmiah, Pendidikan Modern  
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2015-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format "application/pdf"
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/24
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 9 No. 1 (2015): (APRIL 2015); 63-87
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 9 No 1 (2015): APRIL; 63-87
2502-213X
2089-3426
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/24/17
 
Rights Copyright (c) 2015 Hariadi Hariadi