Record Details

IDENTIFIKASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IDENTIFIKASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR
 
Creator Darmono, Al
 
Description Kesulitan belajar membaca permulaan terjadi pada anak yang duduk di kelas awal Sekolah Dasar. Peserta didik mulai diperkenalkan huruf, kata hingga kalimat sederhana. Adapun anak yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan cenderung menunjukkan perilaku yang tidak wajar seperti perasaan tidak aman dengan ditandai perilaku menolak untuk membaca, menangis, atau mencoba melawan guru. Kemudian pada saat membaca anak sering kehilangan jejak, sehingga sering melakukan pengulangan atau juga ada baris yang terlawat tidak terbaca dan lain sebaginya. Untuk dapat mengatasi hal tersebut hendaknya dilakukan penanganan sedini mungkin dengan mengidentifikasi anak terlebih dahulu dengan melalui instrumen kesulitan belajar membaca permulaan. Sehingga dengan demikian peserta didik dapat dilakukan penanganan untuk kemudian guru dapat mengetahui dan mampu menerapkan metode belajar yang lebih efektif sesuai dengan karakteristik anak.Kata kunci: Identifikasi, Kesulitan-belajar-membaca   
 
Publisher Institut Agama Islam Ngawi
 
Date 2014-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format "application/pdf"
 
Identifier https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/3
 
Source Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol. 8 No. 1 (2014): (APRIL 2014); 87-98
Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial; Vol 8 No 1 (2014): APRIL; 87-98
2502-213X
2089-3426
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/3/3
 
Rights Copyright (c) 2014 Al Darmono