Record Details

RAGAM JENIS PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RAGAM JENIS PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 
Creator Arifin, Muhammad Zainul
Mashudi, Moh
 
Subject Pendidikan
Metode, Penelitian, Ragam
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peneliti yang masih kurang memahami konsep metode penelitian khususnya terkait ragam dan jenis penelitian. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman peneliti menerapkan sebuah gagasan tentang pradigma penelitian pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Fokus penelitian dalam penulisan adalah (1) Bagaimana implementasi metode penelitian? (2) Bagaimana pemahaman peneliti terhadap ragam dan jenis penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak jenis dan ragam metode, maka dalam sebuah kasus harus dipilih dengan cermat manakah metode yang tepat agar penyelesaiannya dapat dilakukan secara lebih baik dan maksimal hasilnya. Ragam dan jenis Metodologi Penelitian meliputi: Penelitian Ditinjau dari Tujuan, Penelitian Ditinjau dari Pendekatan, Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu, Penelitian Ditinjau dari Tempatnya, Penelitian Ditinjau dari Hadirnya Variabel, Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
 
Publisher Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/012
 
Source el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/012/182
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0