IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
|
|
Creator |
Umam, Muhamad Khoirul
|
|
Subject |
pendidikan
Teori Bruner, Operasi Hitung, Bilangan Bulat |
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep operasi hitung bilangan bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa peneliti menerapkan sebuah teori belajar dari Jerome S Bruner (Teori Bruner) dengan menerapkan tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif (konkret), ikonik (semi konkret), dan simbolik (abstrak). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtida’iyah Tholibin Karangsono Kanigoro Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan adalah (1) Bagaimana implementasi Teori Bruner sebagai upaya pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat? (2) Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner? (3) Bagaimana hasil yang dicapai berdasarkan pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner?. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui Teori Bruner lebih dapat memahamkan siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dengan keseluruhan siswa mampu mencapai standar ranking ketuntasan belajar tanpa melalui pembelajaran remedial.
|
|
Publisher |
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/011
|
|
Source |
el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/011/180
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|