Record Details

IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
 
Creator Umam, Muhamad Khoirul
 
Subject pendidikan
Teori Bruner, Operasi Hitung, Bilangan Bulat
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep operasi hitung bilangan bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa peneliti menerapkan sebuah teori belajar dari Jerome S Bruner (Teori Bruner) dengan menerapkan tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif (konkret), ikonik (semi konkret), dan simbolik (abstrak). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtida’iyah Tholibin Karangsono Kanigoro Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan adalah (1) Bagaimana implementasi Teori Bruner sebagai upaya pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat? (2) Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner? (3) Bagaimana hasil yang dicapai berdasarkan pemahaman siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner?. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui Teori Bruner lebih dapat memahamkan siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dengan keseluruhan siswa mampu mencapai standar ranking ketuntasan belajar tanpa melalui pembelajaran remedial.
 
Publisher Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/011
 
Source el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/011/180
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0