STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK
el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK
|
|
Creator |
Rohmawati, Aulia
Umam, Muhamad Khoirul Alaydrus, Muhammad Firza |
|
Subject |
Pendidikan
Strategi Pembelajaran, Peserta didik |
|
Description |
Strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik berarti suatu perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu dengan menggunakan pendekatan pada kegiatan atau aktivitas peserta didik. Dalam standar proses pendidikan, pembelajaran didesain untuk membelajarkan peserta didik. Kekeliruan yang kerap muncul adalah adanya anggapan bahwa dengan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik peran pendidik semakin berkurang. Anggapan semacam ini tentu saja tidak tepat, sebab walaupun pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan aktivitas peserta didik, tidak berarti mengakibatkan kurangnya peran dan tanggung jawab pendidik. Baik pendidik maupun peserta didik sama-sama harus berperan penuh, oleh karena peran mereka sama-sama sebagai subjek belajar. Adapun yang membedakannya hanya terletak pada tugas yang harus dikerjakan. Dalam implementasi pembelajaran ini pendidik tidak berperan sebagai satu-satunya sumber belajar yang bertugas menuangkan materi pelajaran kepada peserta didik, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi agar peserta didik belajar. Oleh karena itu, pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik menuntut pendidik untuk kreatif dan inovatif sehingga mampu menyesuaikan kegiatan mengajarnya dengan gaya dan karakteristik belajar peserta didik.
|
|
Publisher |
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/014
|
|
Source |
el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/014/187
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|