Record Details

STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK

el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK
 
Creator Rohmawati, Aulia
Umam, Muhamad Khoirul
Alaydrus, Muhammad Firza
 
Subject Pendidikan
Strategi Pembelajaran, Peserta didik
 
Description Strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik berarti suatu perencanaan yang  berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu dengan menggunakan pendekatan pada kegiatan atau aktivitas peserta didik. Dalam standar proses pendidikan, pembelajaran didesain untuk membelajarkan peserta didik. Kekeliruan yang kerap muncul adalah adanya anggapan bahwa dengan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik peran pendidik semakin berkurang. Anggapan semacam ini tentu saja tidak tepat, sebab walaupun pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan aktivitas peserta didik, tidak berarti mengakibatkan kurangnya peran dan tanggung jawab pendidik. Baik pendidik maupun peserta didik sama-sama harus berperan penuh, oleh karena peran mereka sama-sama sebagai subjek belajar. Adapun yang membedakannya hanya terletak pada tugas yang harus dikerjakan.  Dalam implementasi pembelajaran ini pendidik tidak berperan sebagai satu-satunya sumber belajar yang bertugas menuangkan materi pelajaran kepada peserta didik, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi agar peserta didik belajar. Oleh karena itu, pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik menuntut pendidik untuk kreatif dan inovatif sehingga mampu menyesuaikan kegiatan mengajarnya dengan gaya dan karakteristik belajar peserta didik.
 
Publisher Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/014
 
Source el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/014/187
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0