Record Details

DAYA TARIK PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DAYA TARIK PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
 
Creator Zuhriyah, Nunik
Hanur, Binti Suaidah
Umam, Muhamad Khoirul
 
Subject Pendidikan
Hasil Pembelajaran, Efektifitas Pembelajaran, Daya Tarik Pembelajaran
 
Description hasil belajar yang merupakan perubahan tingkah laku peserta didik yang terjadi setelah mengikuti pembelajaran.  Perubahan tersebut meliputi aspek kognitif (kemampuan hapalan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi), afektif (penerimaan, partisipasi, penilaian, organisasi, dan karakterisasi) dan psikomotorik (persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks dan kreativititas).  Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran khusus, pendidik perlu mengadakan tes formatif pada setiap menyajikan suatu bahasan kepada peserta didik. Penilaian formatif ini untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menguasai tujuan pembelajaran khusus yang ingin dicapai. Fungsi penelitian ini adalah untuk memberikan umpan balik pada pendidik dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar dan melaksanakan program remedial bagi peserta didik yang belum berhasil. Pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dengan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya. Pengaruh media dalam pembelajaran dapat dilihat dari jenjang pengalaman belajar yang akan diterima oleh peserta didik. Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung (konkret), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai pada lambang verbal (abstrak).
 
Publisher Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/013
 
Source el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education; Vol 1, No 2 (2019): Journal of Elemnetary Education
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/013/186
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0