PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK
Aṭfᾱl: Scientific Journal of Early Childhood Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK
|
|
Creator |
Umam, Muhamad Khoirul
|
|
Description |
Proses pembelajaran tidak sekedar proses transfer of knowledge dan transfer of values melainkan perlu juga dilihat sisi psikis peserta didik. Sebab jiwa peserta didik tidaklah sama dalam menerima stimulus dalam proses pembelajaran. Disamping itu juga ada beberapa kelemahan pendidik yang tidak mengikutkan sertakan memahami gejala-gejala jiwa peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga penulis memunculkan pertanyaan penelitian bagaimana pendidik memahami gejala-gejala jiwa peserta didik sehingga mampu mengarahkan proses pembelajaran yang sesuai dengan fungsinya, dan serta mapu memberikan bahan pelajaran sesuai dengan kepekaan gejala jiwa peserta didik?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui metode dokumentasi-observatif. Kemudian setelah data-data terkumpul, dianalisis melalui analisis isi dan analisis kritis serta disinkronkan dengan cross-check hasil observasi. Sehingga penelitian ini menghasilkan salah satu tawaran pemikiran tentang inovasi strategi yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pendidik dalam proses kegiataan belajar mengajar di lembaga pendidikan.
|
|
Publisher |
Program Studi PIAUD
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/atfal/article/view/154
|
|
Source |
Aṭfᾱl: Scientific Journal of Early Childhood Education; Vol 1, No 1 (2019): Aṭfᾱl: Scientific Journal of Early Childhood Education
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/atfal/article/view/154/145
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|