Record Details

PROGRAM INFOTAINMENT DITINJAU DARI ETIKA KOMUNIKASI ISLAM (Analisis terhadap Insert Siang di TRANS TV Edisi Bulan Ramadhan 1437 H)

Islamic Communication Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROGRAM INFOTAINMENT DITINJAU DARI ETIKA KOMUNIKASI ISLAM (Analisis terhadap Insert Siang di TRANS TV Edisi Bulan Ramadhan 1437 H)
 
Creator Rahmi, Amelia
Ristiana, Yesi
 
Subject Televisi, Infotainment, Ramadhan, Etika komunikasi Islam
 
Description Public interest on television made media industry competing for the attention of viewer, such as infotainment shows. In practice infotainment shows a lot of controversy. But in Ramadhan,  usually  media  television  expressly  competing  to produce  and  publish religious  programs.  This  study  aims to describe how Insert Siang  infotainment program in Trans TV Ramadhan 1437 H edition in term of Islamic Comunication Ethic. In this case refers to the theory of Jalaluddin Rakhmat about the ethics of Islamic. By using content analysis, the result show that: not all information in Insert Siang are good content. 82% infotainment that exposed in Ramadhan shows that news served with Islamic Communication ethic. According to Jalaluddin Rakhmat, in six form, there are qaulan sadidan 14%, qaulan balighan 18%, qaulan kariman 11%, qaulan ma’rufan 18%, qaulan layyinan 7%, and qaulan maysuran 14%.-----------------------------------------------------------------------------------------Besarnya animo publik terhadap televisi mengakibatkan industri media berlomba merebut perhatian pemirsa dengan beragam tayangan menarik, seperti infotainment. Dalam praktiknya tayangan infotainment banyak menuai kontroversi. Namun pada bulan Ramadhan,   umumnya   televisi   dengan   sengaja   berlomba   memproduksi   dan menayangkan program yang bermuatan religi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana program infotainment Insert Siang di Trans TV edisi bulan Ramadhan 1437 H ditinjau dari etika  komunikasi  Islam. Dalam  hal  ini  mengacu  pada  teori  dari  Jalaluddin Rakhmat tentang Etika Komunikasi Islam.  Dengan menggunakan konten analisis, diperoleh hasil: tidak  semua  informasi  dalam  program  infotainment  Insert Siang bermuatan baik. Sebesar 82% dariberita hiburan yang ditayangkan di bulan Ramadhan menunjukkan beritanya disajikan sesuai dengan etika komunikasi Islam merujuk konsepnya Jalaluddin Rakhmat, yang menyebut enam (6) bentuk, qaulan sadidan 14%, qaulan balighan 18%, qaulan kariman 11%, qaulan ma’rufan 18%, qaulan layyinan 7%, dan qaulan maysuran 14%.
 
Publisher Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2018-01-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/2112
10.21580/icj.2017.2.1.2112
 
Source Islamic Communication Journal; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari-Juni; 100-120
2615-3580
2541-5182
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/2112/1523
 
Rights Copyright (c) 2018 Islamic Communication Journal
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0