STRATEGI KOMUNIKASI HIJABERS SEMARANG DALAM MENSYIARKAN HIJAB PADA MUSLIMAH MUDA DI SEMARANG
Islamic Communication Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI KOMUNIKASI HIJABERS SEMARANG DALAM MENSYIARKAN HIJAB PADA MUSLIMAH MUDA DI SEMARANG
|
|
Creator |
Baroroh, Ummul
Hendro W, Nur Cahyo Ghoida, Nur Afifah |
|
Subject |
Strategi Komunikasi, Hijabers, Syiar, Hijab
|
|
Description |
Communication strategy Hijabers Semarang not yet fully use communication strategy, because it does not have a foundation that is structured in terms of media and audience selection and in the evaluation process. However, the process has changed the interest of young Muslim women to use hijab. In formulating a communication strategy, In the preparation of the message, Hijabers Semarang raised the theme that is currently actual among young muslimah, so this makes additional value for Hijabers Semarang among young women themselves. The method used by Hijabers Semarang in delivering hijab syiar to young Muslim women is by Redundancy method, by spreading the broadcast repeatedly to be easily remembered by young muslimah. Canalizing, by plunging directly into the field involving Semarang Hijabers members and committees, to be able to determine and identify similarities and differences so that Hijabers Semarang is easier to make adjustments with audiences. Used strategy persuasive, educative and informative. Hijabers Semarang take advantage of various social media such as facebook, twitter, instagram, and web blog.-------------------------------------------------------------------------------------Strategi komunikasi Hijabers Semarang belum seutuhnya menggunakan strategi komunikasi, karena tidak mempunyai landasan yang terstruktur dalam hal pemilihan media dan khalayak serta dalam proses evaluasi. Akan tetapi, proses yang terjadi telah berhasil mengubah minat muslimah muda untuk menggunakan hijab. Dalam menyusun strategi komunikasi, Hijabers Semarang mengenal khalayak dengan cara survei atau mendatangi langsung sasaran dan mengomunikasikan dengan pihak sasaran. Pada penyusunan pesan, Metode yang digunakan Hijabers Semarang dalam menyampaikan syiar hijab pada muslimah muda adalah dengan metode Redundancy, dengan menyebarkan broadcast berulang-ulang kali agar mudah diingat oleh muslimah muda. Canalizing, dengan terjun langsung ke lapangan yang melibatkan anggota dan komite Hijabers Semarang, untuk dapat menentukan dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan sehingga Hijabers Semarang lebih mudah melakukan penyesuaian dengan khalayak. Persuasif, pada kegiatan hijab and beauty class dan Gerakan Seribu Kerudung, khalayak dipengaruhi dengan jalan membujuk dan digugah baik pikiran maupun perasaan. Strategi yang digunakan bersifat persuasive, edukatif dan informative. Hijabers Semarangmemanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan web blog.
|
|
Publisher |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-01-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/2098
10.21580/icj.2017.2.1.2098 |
|
Source |
Islamic Communication Journal; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari-Juni; 19-44
2615-3580 2541-5182 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/2098/1518
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Islamic Communication Journal
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|