Record Details

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII
 
Creator Khotimah, Khusnul
Satiti, Wisnu Siwi
 
Description Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu pesat, salah satu perangkat mobile yang saat ini sering digunakan adalah dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang bersifat valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan   mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima  tahapan, yakni  Analysis (Analisis), Design  (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian diperoleh Rata-rata skor kevalidan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII adalah 4,59 berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan data respon siswa menunjukkan siswa memiliki respon yang positif terhadap media Pembelajaran Mobile Learning   Berbasis Augmented Reality, menujukkan minimal 80% atau lebih siswa merespon dalam kategori setuju, untuk setiap aspek yang direspons. Sebesar 87% siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan belajar sehingga media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality berkategori efektif.
 
Kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, bangun ruang sisi datar
 
Publisher KH. A. Wahab Hasbullah University
 
Date 2019-11-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/675
 
Source Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin; Vol 2 No 1 (2019): Volume 2 No 1 Tahun 2019 (On Proses); 99-105
2654-3184
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/675/332
 
Rights Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin