Analisis Perilaku Mahasiswa Akuntansi di Kediri dalam Menghadapi Situasi Dilematis Etika Profesi Akuntansi (Kajian Komparatif Berdasarkan Perspektif Pendidikan, Usia, Gender dan Pekerjaan)
Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Perilaku Mahasiswa Akuntansi di Kediri dalam Menghadapi Situasi Dilematis Etika Profesi Akuntansi (Kajian Komparatif Berdasarkan Perspektif Pendidikan, Usia, Gender dan Pekerjaan)
|
|
Creator |
Kusuma, Marhaendra
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui sikap mahasiswa ketika dihadapkan pada situasi dilematis etika yang dihadapi oleh lima jenis profesi akuntansi, yaitu : akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan sektor publik dan akuntan pendidik, melalui media kuisioner yang mengilustrasikan kasus-kasus dilematis yang pelik, 2). untuk mengetahui perbedaan sikap mahasiswa D3 dan S1 akuntansi serta siswa SMK akuntansi di Kediri dalam perspektif jenjang pendidikan, umur, gender, dan pengalaman kerja terhadap kasus dilematis diatas. Pengujian hipotesis komparatif menggunakan teknik statistik parametris t-test (2 sampel independen) dan one way anova (k sampel independen), dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa di Kediri memilih mengambil keputusan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan dan kode etik asosiasi profesi akuntansi, ketika dihadapkan pada situasi dilema yang sulit. Mahasiswa lebih mementingkan keamanan karir profesi akuntansi, suara kata hati dan idealisme pribadi dalam ketaatan aturan dan nilai moral, daripada harus mengambil pilihan pelanggaran etis yang berdampak pada resiko ancaman hukum dan sanksi profesi, sekalipun menguntungkan secara ekonomi. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan sikap siswa dan mahasiswa akuntansi dalam menghadapi situasi dilematis etika profesi akuntansi berdasarkan jenjang pendidikan (SMK, D3, S1) dan antara mahasiswa yang sudah bekerja dengan yang belum bekerja; dan tidak terdapat perbedaan sikap mahasiswa akuntansi berdasarkan perspektif umur (diatas atau dibawah 20 tahun) dan antar mahasiswa pria dengan wanita. Hal ini berarti, muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi di PTS Kediri telah berhasil membentuk karakter profesi akuntansi yang kompeten dan bermoral pada diri mahasiswa akuntansi, namun sedikit berkurang idealisme mahasiswa yang telah bekerja. |
|
Publisher |
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM KADIRI
|
|
Date |
2018-11-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/286
|
|
Source |
Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi; Vol 4 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi; 46-64
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi
|
|